Efek Samping Pemberian Suntikan Insulin Pada Penderita Diabetes

Sampai sekarang penyakit diabetes masih sangat sulit untuk diatasi. Penyakit diabetes melibatkan peningkatan kadar gula darah dan penurunan produksi dari insulin. Banyak penderita diabetes baik diabetes tipe 1 ataupun tipe 2 melakukan suntkan insulin untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh tetap stabil. Kebanyakan penderita diabetes memerlukan suntikan insulin karena produksi insulin yang terus menerus menurun. Maka dari itu penderita diabetes membutuhkan suntikan insulin untuk menstabilkan kadar gula darah dan tetap sehat.

Akan tetapi terkadang suntikan insulin dapat juga memberikan efek samping, meskipun jarang terjadi. Berikut ini merupakan Efek Samping Pemberian Suntikan Insulin Pada Penderita Diabetes.

Efek Samping Pemberian Suntikan Insulin Pada Penderita Diabetes:

  • Penurunan kadar gula darah. Saat Anda mulai menyuntik insulin, maka kadar gula darah Anda akan langsung turun.
  • Penurunan kadar gula darah dapat menimbulkan gejala berkeringat, mual atau nafas yang cepat.
  • Jika kadar gula darah menurun dengan drastis maka bisa menyebabkan pasien pingsan
  • Iritasi kulit atau inflamasi yang disebabkan oleh jarum suntik. Pada pasien yang harus meyuntikkan insulin sebagai pengobatan rutin maka tindakan ini bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit.
  • Ketika kadar gula darah menurun, maka metabolisme juga ikut menurun. Hal ini juga bisa menyebabkan perubahan metabolik pada otak yang bisa menimbulkan gejala kejang. Kondisi ini memang jarang terjadi tetapi memerlukan penanganan dokter segera.
  • Pusing yang disebabkan oleh penurunan kadar gula darah. Otak akan bekerja lebih lambat dan hal ini bisa menimbulkan racun ke tubuh Anda.
  • Hipoglikemia (penurunan kadar gula darah) merupakan efek samping utama saat melakukan suntikan insulin. Terlalu banyak kadar insulin di dalam tubuh juga bisa menyebabkan penurunan tekanan darah. Hal ini bisa menyebabkan kepala pusing, rasa melayang, kelemahan dan denyut jantung meningkat.
  • Pada kasus yang ekstrim, suntikan insulin justru bisa menyebabkan hiperglikemia (peningkatan kadar gula darah). Kondisi tersebut bisa menimbulkan gejala rasa haus berlebihan, sering berkemih dan lemas
  • Untuk beberapa pasien diabetes, suntikan insulin bisa menyebabkan alergi pada kulit dan menimbulkan gejala pembengkakan dan rasa gatal.
  • Efek samping yang sangat jarang terjadi dari penyuntikan insulin adalah muntah, kemerahan di kulit pada daerah sekitar tempat penyuntikan, denyut jantung yang tidak stabil, penurunan konsentrasi.

Selalu kontrollah kadar gula anda sebisa dan sealami mungkin dengan membatasi konsumsi makanan yang manis. Pemanis buatan sendiri sebenarnya dapat menyebabkan bahaya. Pastikan anda memberikan insulin yang tepat misal 30 menit sebelum makan. Anda bisa menyuntikan insulin pada lengan, paha atau perut. Konsultasikan kepada dokter ahli bagaimana cara menyuntikan insulin dengan baik dan benar, juga bagaimana penanganan apabila timbul efek samping dari pemberian insulin tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *